Cara Mudah Menginstall Desktop Environment XFCE Pada Linux



Helo sobat omheker, Pada Kesempatan kali ini saya akan bagikan bagaimana Cara Menginstall Desktop Environment XFCE Pada Linux, nah sebelum masuk penginstallan kita sejenak mengenal apa itu Desktop Environment (DE). 

DE (Desktop Environment) adalah suatu model antar muka interface pada sistem operasi yang kita gunakan untuk memudahkan dalam beroperasi karna bersifat GUI (Graphic User Interface) sebagai pengganti dari CLI (Command Line Interface). 

Baca juga : cara memakai Htop pada linux

Selain penggunaa DE sangat lah membantu bagi para Pemula yang barusan terjun di dunia Linux, karna sebagian orang menganggap Penggunaan Linux sangat lah susah di karenakan tampilan nya CLI (Command Line Interface).

Disamping itu DE banyak sekali beragam jenis - jenis yang bisa kita cicipi sebagai pengguna Linux mulai dari Desktop Environment : GNOME,KDE,Xfce,Lxde,Unity dll. Selain banyak variannya adapun DE yang sangat Familiar di kalangan pengguna Linux yaitu DE GNOME, 

nah tapi pada kesempatan kali kita cukup menggunakan XFCE. "lah terus kenapa kita tidak menggunakan GNOME yang familiar sekarang?" nah untuk pembahasan itu Sobat Ngonfig Jawab di Artikel lain untuk membuat perbandingan antar Desktop Environment. 

Kita Lanjut saja ke langkah Penginstallan, disini sobat ngonfig menggunakan XFCE4 yang terbaru untuk saat ini hehe. untuk lebih jelas nya silahkan cek Website nya https://www.xfce.org/ 

1.Pastikan Membuka Terminal nya dulu wkwk.

2.Masukan Perintah apt-get install xfce4




3.Maka akan Muncul tampilan seperti gambar dibawah ini apakah kita setuju atau tidak. jika tidak Silahkan tekan N atau sebaliknya tekan Y.


4.Tunggu beberapa saat setelah melanjutkan.. disini agak lumayan lama yahh tapi tergantung konek internet dan Server Repositry yang kita gunakan hehe..

Baca juga : 5 Aplikasi Multimedia Linux Terbaru

5.Jika Benar - Benar selesai penginstallan seperti gambar di bawah ini. Silahkan reboot/restart komputer kita.


6. Setelah restart maka akan muncul tampilan login user.. nah untuk mengubah dari DE kita yang default tadi ke DE XFCE cukup pilih Xfce.


Nah dari sini sudah selesai dalam proses penginstallan xfce cukup gampangkan dalam Penginstallan nya kan semoga kalian semua pada bisa.


sekian dulu tutorial dari saya tentang Cara Mudah Menginstall Desktop Environment XFCE Pada Linux.
semoga artikel ini bermanfaat, jika ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar.

Post a Comment

Previous Post Next Post