Cara Download file di Internet pakai Terminal Linux

Helo sobat omheker, Pada kali ini omheker ingin Berbagi tentang Cara Download file di Internet pakai Terminal Linux, seperti apa caranya? yuk kita simak penjelasan dibawah ini.

Mungkin sudah sangat umum jika kita mendownload film, music, gambar, dan lain lain pada Internet menggunakan XDM (xtreame download manager) ataupun langsung di Browser yang kita gunakan.

Baca juga : Cara Instal Android Studio di Linux Ubuntu

Pada kesempatan kali ini kita menggunakan WGET, salah satu Tools pada Sistem operasi Linux untuk mendownload file. sebelum itu apa itu Wget ?

GNU Wget, seringkali hanya disebut wget, adalah sebuah program komputer sederhana yang mengambil materi dari web server, dan merupakan bagian dari Proyek GNU.

Namanya diturunkan dari World Wide Web dan get, konotatif dari fungsi primernya. Program ini mendukung pengunduhan melalui protokol HTTP, HTTPS, dan FTP, protokol berbasis TCP/IP yang paling luas digunakan untuk penjelajahan web (https://id.wikipedia.org/wiki/Wget).

sebelum itu pastikan wget sudah terinstall pada sistem operasi anda.karna saya menggunakan Distro Ubuntu 18.04 jadi wget nya terinclude, nahh jika belum kita masukan perintah apt install wget pada terminal Linux.

Kemudian untuk menjalankan download file menggunakan wget langsung saja ketik pada terminal wget <link file>.




nah gambar di atas adalah video yang saya download via wget.

Baca juga: Cara Menginstall Desktop Environment XFCE Pada Linux

demikianlah tutorial Cara Download file di Internet pakai Terminal Linux, semoga info ini memberikan manfaat bagi kita semua.

sumber: ngonfig.id

Post a Comment

Previous Post Next Post