8 Tahun ngeblog tidak gajian kini wanita nigeria ini berpenghasilan 800juta perbulan



Kisah Linda Ikeji Blogger Wanita Sukses dari Nigeria Dengan Penghasilan Mencapai 800Juta/Bulan Hanya Dengan Blog Gratisan 

Profesi menjadi seorang blogger itu menyenangkan namun jika kita tidak tahu alur-alur pembelajaran yang tepat maka yang ada hanya perasaan malas dan tidak semangat untuk membuat atau bahkan memulainya walaupun sebenarnya tutorial cara membuat blog sudah banyak tersebar di internet dengan berbagai macam metode didalamnya.

Kisah seorang blogger wanita dari negara Nigeria ini memang patut untuk dijadikan contoh bagi pemuda dan pemudi di Indonesia agar tidak mudah menyerah dalam menggapai masa depan sehingga berprestasi dan bermanfaat bagi orang lain.

Menjadi seorang penulis memang bukan sebuah profesi yang mudah ditempuh sehingga membutuhkan tingkat kesabaran yang tinggi dan biaya yang cukup banyak namun Linda Ikeji mematahkan persepsi tersebut karena dengan menggunakan fasilitas yang diberikan oleh Google yaitu di Blogger.com dia bisa menjadi terkenal sehingga banyak perusahaan-perusahaan besar mau memasang banner iklan di blognya dengan harga yang sangat tinggi.

Jadi, masih mau beranggapan bahwa menjadi seorang blogger itu susah? 
Perempuan cantik berkulit gelap dengan nama panjang Linda Ifeoma Ikeji ini lahir pada tanggal 19 September 1980 dan menurut sumber yang didapat dia memulai aktivitas ngeblog semenjak tahun 2003 dengan menggunakan layanan blog gratis dari Google yaitu Blogger.com

Linda Ikeji tidak mempunyai pengetahuan khusus seputar blog waktu itu namun dengan berbekal ilmu seadanya dia memberanikan diri untuk membuka sebuah blog baru yang dulu beralamatkan di http:// lindaikeji.blogspot. com dengan tampilan seadanya dan bahkan bagi sebagian orang dianggap kurang professional:

Seorang blogger mana yang mampu menulis artikel hingga mencapai 25 artikel perhari? Linda Ikeji dengan kemampuan bahasa penulisan yang baik mampu meningkatkan frekuensi menulisnya di blog semenjak 2007 dan aktivitas tersebut belum mendapat bayaran sedikitpun.

Aktivitas ngeblog dengan rutin membuat artikel sebagai konten dia jalani sampai pada bulan Agustus 2010, blog yang dibangunnya dari nol tersebut mendatangkan pengunjung yang signifikan hingga mendapat banyak tawaran pengiklan melalui Email walau blog yang dibangunnya tanpa SEO tersebut masih berupa blog sederhana dengan tampilan seadanya.
Siapa sebenarnya Linda Ikeji?

Sebelum menekuni dunia blog, Linda Ikeji bukanlah siapa-siapa. Hanya seorang Jurnalis biasa dan kebetulan dia adalah seorang model. Linda Ikeji di Afrika juga dikenal sebagai seorang aktifis yang rajin mendampingi berbagai macam jenis kasus kesenjangan sosial. Beberapa kasus diantaranya yang pernah ia dampingi adalah kasus pembunuhan yang tidak kunjung selesai, ada juga kasus salah tangkap dengan tuduhan pencurian.

Aktivitas ngeblog yang hampir 8 tahun dia jalani tanpa mendapatkan uang memang bisa kita anggap sebagai aktivitas yang sia-sia namun tidak bagi Linda Ikeji yang berlatar belakang seorang penulis atau Jurnalis.

Benih kesabaran dalam mengelola dan membuat konten untuk blognya tersebut akhirnya dia sekarang menjadi seorang blogger milyader dengan aktivitas yang padat hingga diundang ke acara-acara penting dan bahkan pada tahun 2014, dua penghargaan Outstanding Blogger of The Year dan Best Gossip & Gist Blog at the Media Broad Awards terkait aktifitasnya di dunia blogging dia raih. Sebelumnya dia juga mendapatkan penghargaan dalam kategori Young Personality of the Year pada tahun 2012.

Seorang wanita aktivis ini juga peduli terhadap kegiatan sosial. Perhatiannya pada penyakit Ebola yang merebak di Afrika pada tahun 2014 saat itu menggerakkan hatinya untuk menyumbangkan sejumlah uang guna membantu penanganannya.

Blognya yang lambat laun mendapatkan traffict yang tinggi juga mendatangkan banyak pengiklan yang rela mengeluarkan banyak uang agar dia mau memasang banner iklan di blognya hingga dia masuk dalam kategori blogger terkaya di dunia.

Ya, banyak pengiklan yang sudi membayar sejumlah uang dengan nilai yang sangat fantastis mencapai ratusan juta agar dia mau memasang iklan mereka di blog.

Perjuangan Linda Ikeji dalam membesarkan nama blognya tidak berhenti begitu saja karena blog Linda Ikeji yang bealamatkan di http:// lindaikeji.blogspot. com yang dia bangun dari NOL dihapus sepihak oleh Google.

Pada tanggal 8 Oktober 2014, Laman Affrica yang beralamatkan di http:// allafrica. com/stories/201410100041.html menjelaskan alasan kenapa blog Linda Ikeji atau biasa dikenal dengan LIB dihapus oleh Google.

Pada intinya, Google menjelaskan bahwa blog Linda Ikeji dihapus atau didelete karena terkait plagiarisme dan pelanggaran hak cipta. Menurut Manager Komunikasi dan Urusan Publik Google Anglo-Phone West Africa, Taiwo Kolade-Ogunlade, Google sangat serius dalam masalah hak cipta yang lebih dikenal dengan singkatan Digital Millenium Copyright Act (DMCA).

Sejumlah Fans mengatakan bahwa alasan blog Linda Ikeji dihapus karena ulah para haters yang melaporkan blog Linda Ikeji ke Google DMCA.

Hal ini terbukti setelah beberapa informasi menyatakan bahwa ada seseorang bernama Mr. Aye Dee dan teman-temannya mengadukan pelanggaran blog Linda Ikeji (LIB) terkait rasa kekecewaan karena telah merasa diabaikan oleh Linda.

Memang benar, blog yang sudah besar dan terkenal maka akan banyak serangan baik dari segi teknis maupun nonteknis jadi kita harus lebih waspada untuk menjaga blog kita. Akan lebih baik jika kita membackup rutin perminggu atau perbulan agar tidak ada data yang hilang walaupun URL telah dihapus oleh Google.

Tidak diketahui secara pasti berapa penghasilan bersih yang didapat oleh Linda Ikeji perbulan namun dari berbagai sumber yang didapat menjelaskan bahwa Linda ikeji bisa mengantongi sebesar USD100.000 atau jika di rupiahkan setara dengan 1,3 Milyar Rupiah. Sungguh fantastis untuk ukuran blog yang dibangun dengan platform Blogger waktu itu.

Pendapatan berasal dari berbagai macam sumber termasuk dari Google Adsense dan dari iklan lokal yang memasang iklan secara langsung sesuai dengan tarif yang ditentukan oleh LIB. Jika anda penasaran tarif iklan di blog Linda Ikeji, maka berikut ini ada sumber yang menjelaskannya:
Tarif pemasangan iklan di Blog Linda Ikeji (LIB) tersebut adalah tarif iklan pada tahun 2015 dan mungkin akan mengalami kenaikan pada tahun sekarang: Kita lihat bahwa tarif iklan untuk leader Board atau iklan yang ditampilkan di Header mempunyai tarif N950.000 perbulan atau setara dengan : Rp 35 Juta lebih

Itu hanya dari 1 iklan yang tayang selama satu bulan sedangkan banyak pengiklan yang masuk selain dari iklan Google Adsense sendiri dan iklan review postingan berupa Page Branding (Background Takeover) yang mencapai nilai N2.000.000 atau setara dengan 73 Juta lebih perbulan.

Tak heran jika di total penghasilan dari Blog Linda Ikeji yang sekarang sudah menggunakan custom domain yaitu : http:// www.lindaikejisblog. com mencapai USD100.000 perbulan
Jadi masihkah kita mengeluh untuk tidak bisa mendapatkan uang melalui blog? Ada berbagai macam sumber pendapatan yang bisa kita raih dari blog asal mempunyai konten yang menarik dan dengan jumlah pengunjung yang banyak.

Tidak mudah untuk mendapatkan pengunjung blog. Harus bersabar dan tidak gampang menyerah serta harus konsisten dalam update tulisan sebagai konten utama dari blog itu sendiri. Yuk ngeblog dari sekarang..

omheker berita seputar technologi, tutorial, hacking, dan open source

Disqus Comments