5 Cara Mengatasi Kamera Xiaomi yang Tidak Dapat Terhubung dengan Baik


Helo sobat omheker kali ini omheker akan memberikan tips tentang 5 Cara Mengatasi Kamera Xiaomi yang Tidak Dapat Terhubung dengan Baik, yuk kita simak penjelasan dibawah ini

Mungkin di antara kamu, sudah tidak asing dengan smartphone yang satu ini, yaitu Xiaomi. Betul sekali, Xiaomi adalah salah satu smartphone berteknologi tinggi besutan Tiongkok. Sejak pertama kali dirilis, smartphone yang satu ini banyak diminati di Indonesia bahkan angka penjualannya terus mengalami kenaikan.

Selain memiliki teknologi canggih, Xiaomi juga dibekali dengan kamera beresolusi tinggi bahkan hampir sama dengan kamera mirrorless. Oleh karena itu, kamera yang tertanam dalam smartphone ini menjadi daya tarik tersendiri mengapa Xiaomi sangat diminati.

Namun, dibalik teknologi tinggi  yang dibenamkan di Xiaomi masih memungkinkan terjadi error system, seperti kamera yang tidak dapat terhubung dengan baik pada perangkat.

Nah, jika kamu mengalami kamera Xiaomi yang tidak dapat terhubung dengan baik, kamu tidak perlu khawatir dan bingung karena ada cara untuk mengatasinya. Adapun cara mengatasinya adalah sebagai berikut.


 1.  Lakukan Restart Smartphone

Salah satu cara jika kamera Xiaomi tidak terhubung, hal pertama kali yang perlu kamu lakukan adalah restart smartphone. Cara ini biasanya cukup ampuh, pada umumnya setelah smartphone di-restart maka Xiaomi akan kembali normal seperti semula.

 Automatis kamera Xiaomi kemungkinan besar akan terhubung kembali. Hal tersebut karena biasanya setelah lama dipakai, RAM dan memori utama smartphone penuh sehingga menyebabkan aplikasi tertentu tidak terhubung dengan baik. 


2.  Coba Tutup dan Buka Kembali untuk mengaktifkan Kamera

Bisa jadi saat kamu akan memakai kamera Xiaomi, kondisi aplikasi kamera tidak terhubung dengan baik. Nah, jika hal tersebut terjadi, cobalah untuk menutup dan membuka kembali aplikasi kamera di Xiaomi. Adapun cara menutupnya dengan cara melihat di recent apps.

Setelah kamu menutup aplikasi kamera dan beberapa aplikasi lainnya yang mungkin dapat membuat Xiaomi menjadi tidak terhubung. Langkah selanjutnya adalah membuka kembali aplikasi kamera pada smartphone.

3.  Reset Kamera Xiaomi ke Pengaturan Awal

Kemungkinan besar masalah kamera Xiaomi tidak dapat terhubung dengan baik, adalah pengaturan aplikasi kamera. Oleh karena itu, jika kamera Xiaomi tidak terhubung, kamu cek pengaturan kamera. Kemudian posisikan kamera Xiaomi pada pengaturan atau setelan default.

 Cara ini berfungsi untuk membuat aplikasi kamera Xiaomi pada posisi fresh tanpa ada perubahan sedikitpun. Adapun langkah-langkahnya adalah buka menu Pengaturan (Setelan) >> klik Aplikasi Sistem >> pilih menu Kamera >> klik Pulihkan Pengaturan Bawaan >> klik Ok.

Selain itu, kamu juga dapat melakukan reset smartphone Xiaomi milikmu ke pengaturan awal. Namun, yang perlu diperhatikan sebelum melakukan reset, kamu harus memindahkan data – data yang tersimpan di smartphone ke perangkat lainnya, seperti laptop atau PC.

 Hal tersebut karena saat melakukan reset ke pengaturan pabrikan, automatis data – data yang ada di smartphone akan hilang atau terhapus. Adapun cara melakukan reset (factory reset) adalah buka menu Pengaturan (Setelan) di smartphone-mu kemudaian buka Setelan Tambahan >> pilih menu Cadangan & Setel Ulang >> kemudian klik Kembalikan ke Pengaturan Pabrik >> klik Setel Ulang Telepon.

 Tersebut adalah cara untuk melakukan reset ke pengaturan pabrik. Namun, perlu kamu ingat sebelum melakukan reset, buat backup data yang tersimpan di smartphone – mu supaya data – data yang tersimpan tidak terhapus.

Mau lebih banyak lagi soal informasi tutorial teknologi? Kunjungi situs teknologi mogloger.com


4.  Periksa Bagian Perizinan Aplikasi pada Kamera Xiaomi

Jika kamu mengalami kamera Xiaomi tidak terhubung dengan baik, kamu tidak perlu bingung. Coba periksa bagian perizinan pada aplikasi kamera Xiaomi. Kemungkinan perizinan pada aplikasi kamera pada posisi tidak aktif.

 Oleh karena itu, sangat disarankan untuk diperiksa terlebih dahulu supaya perizinan pada aplikasi kamera Xiaomi dapat aktif kembali dan kamera dapat terhubung dengan baik. Adapun cara mengaktifkannya adalah buka menu Pengaturan (Setelan) kemudian klik Perizinan >> Kamera. Pastikan perizinan kamera  diaktifkan atau posisi enable.

5.  Coba untuk Menghapus Semua Data di Aplikasi Kamera

Jika kamu sudah melakukan berbagai cara supaya kamera Xiaomi dapat terhubung dengan baik, namun gagal. Mungkin langkah ini dapat membantumu, yaitu menghapus semua data di aplikasi kamera. Hal tersebut bisa saja terjadi, karena kemungkinan file atau data yang ada di aplikasi kamera mengalami bugs sehingga file menjadi corrupt.

 Untuk mengatasinya kamu dapat menghapus semua data yang ada di aplikasi kamera dengan cara buka Pengaturan (Setelan) kemudian cari Aplikasi Terinstall. Di Aplikasi Terinstaal pilih Kamera >> klik Hapus Data kemudian klik Hapus Semua Data.

 Cara tersebut dinilai ampu untuk mengaktifkan kamera Xiaomi kembali terhubung dengan baik. Cara tersebut bertujuan untuk menghapus data yang bersifat sementara, seperti file temporary, cache dan basis data.

 Nah, itulah cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi kamera Xiaomi yang tidak dapat terhubung dengan baik. Ikuti langkah-langkah di atas sesuai petunjuk. Namun, jangan lupa selalu melakukan backup data supaya data tidak ikut terhapus. Semoga informasi ini bermanfaat, selamat mencoba.

penulis: Rama Angriawan

omheker berita seputar technologi, tutorial, hacking, dan open source

Disqus Comments