Mengapa PHP5 masih lebih diminati pada PHP7

Hello sobat omheker kali ini omheker akan memberikan informasi Mengapa PHP5 masih lebih diminati pada PHP7, yuk kita simak baik baik penjelasan dibawah ini.

Rasanya kurang tepat jika disebut sebagai "Diminati". Yang lebih tepat itu adalah gagal move-on dari PHP versi 5.
Menurut W3Techs, per Desember 2019 PHP digunakan oleh sekitar 78% dari total situs web yang ada di dunia dan 43%-nya masih menggunakan PHP 5.

Baca juga : WannaCry Virus Komputer yang paling mematikan tahun 2019


Lalu jika kita pecah lagi dari PHP 5 itu sebanyak 49% masih menggunakan PHP versi 5.6:


Pertanyaannya adalah kenapa jumlahnya masih banyak?
Itu karena PHP 7 benar-benar versi yang memberikan performa radikal. Kecepatan situs web yang menggunakan teknologi ini diyakini lebih cepat, beberapa situs telah melakukan ujicoba seperti Laravel yang performanya meningkat 70% dibandingkan PHP 5.6.
Akan tetapi untuk bisa merasakan semua manfaat itu, ada drawback-nya, yaitu banyak sekali syntax yang terdepresiasi.
Ini menambah PR bagi para programmer. Kalau skala aplikasinya kecil, okelah, kita bisa migrasi dengan mengganti beberapa function agar sesuai syntax PHP 7 terbaru.
Akan tetapi, pada kebanyakan kasus situs-situs yang sudah besar ini sudah terlalu besar. Melakukan migrasi akan membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Banyak faktor pertimbangan selain script itu sendiri dan juga server yang mereka gunakan.
Daripada perusahaan buang-buang uang untuk sebuah script yang sebenarnya alhamdulillah masih aman-aman saja, maka lebih baik dibiarkan dulu saja.

Contoh nyata dalam hal ini waktu saya masih ngantor dulu.
Aplikasi internal perusahaan saya menggunakan Zend versi 1 yang jadul dengan PHP 5.3.
Saya sudah coba ganti ke Zend Server yang terbaru (yang sudah PHP 7), langsung error.

Baca juga : RF jammer Alat Perusak Sinyal Tercanggih
Ternyata framework Zend yang saya pakai benar-benar jadul. Mentok hanya sampai di PHP 5.3 saja. Kalau mau aplikasi itu mendukung PHP 7, maka saya juga harus upgrade framework saya ke Zend versi 3 yang sudah bisa PHP 7.
Tapi itu nambah PR lagi, nambah biaya lagi.
Dengan segala keputusan bisnis dan biaya maka akhirnya dibiarkan saja. Lagipula aplikasinya hanya bisa diakses kalangan terbatas.

Post a Comment

Previous Post Next Post