Cara Mengetahui Data Pribadi Kita Bocor di Internet

Helo sobat omheker kali ini omheker akan membagikan sedikit tips tentang Cara Mengetahui Data Pribadi Kita Bocor di Internet atau tidak,
Seperti yang kalian ketahui Kalau identitas kita di dunia nyata adalah KTP, maka identitas kita di dunia maya adalah surel (email).
Untuk mengecek apakah email kita itu sudah bocor atau belum maka kita bisa menggunakan layanan daring "Have I Been Pwned?"
Cukup masukkan alamat email Anda, maka nanti akan ketahuan apakah sudah bocor atau belum. Layanan ini bahkan menunjukkan sumber kebocoran surel Anda dari situs mana.
Situs ini dibuat oleh Troy Hunt. About
Ini contoh email saya yang sudah bocor melalui situs Canva:

UPDATE: jadi ada manusia sok tahu yang bilang ke saya jangan masukin email ke situs itu dan jangan gunakan aplikasi 1Password yang tertera disitus tersebut karena itu sama saja kita menyerahkan data kita yang sudah bocor ke si pemilik situs untuk di hack.
Saya akan anggap ini bercanda, tapi ternyata si doi niat banget nulis komentarnya panjang-panjang, jadi saya berasumsi dia memang serius. Anda semua tidak perlu khawatir pada situs ini karena:
  1. Have i Been Pwned sudah ada sejak 2013
  2. Troy Hunt adalah seorang White Hat security hacker. Artinya dia sendiri adalah konsultan keamanan digital. Dan dia orang Microsoft.
  3. Have I Been Pwned? - Wikipedia
  4. Mozilla Firefox juga punya fitur serupa bernama Firefox Monitor, dan dia menggunakan database dari situs Have I Been Pwned.
  5. Tidak ada yang memaksa Anda pakai 1Password. Saya sendiri pakai LastPass dan Keepass untuk menyimpan password saya. Aman tuh. 1Password di situs tersebut hanya sebagai sponsor.
  6. Troy Hunt menjalankan situs itu sendirian. Dan dia hendak menjual situs itu karena sudah tidak sanggup maintain 8 miliar database SENDIRIAN. Troy Hunt Looks to Sell Have I Been Pwned
  7. Ketik nama situs have i Been Pwned di Google, maka Anda menemukan puluhan situs berita mulai dari ZDNET sampai Forbes. Cukup untuk menjadi bukti bahwa situs ini legit and real.
  8. Kalau si orang sok tahu ini adalah seorang IT Security Expert, okelah omongannya akan saya pertimbangkan, tapi ternyata dia hanya bocah jurusan teknik mesin dan otomotif. Jadi kredensialnya nggak nyambung dengan ucapannya.
  9. Jalankan logika, jika data Anda memang bocor, ya sudah bocor aja. Kalau saya masukin email ke situs ini, apa efeknya? Apa bakalan di retas? Kalau belum bocor, terus dengan memasukkan email ke situs ini manfaat untuk si pemilik situs apa?
  10. 1Password adalah perusahaan penyedia password manager terkenal (setara Dashlane dan LastPass) dan sudah ada sejak 2006. Kalau dia menggunakan data username dan password semena-mena maka perusahaan ini sudah bangkrut sejak dulu karena dicekal oleh jutaan pengguna di seluruh dunia.
  11. Have I Been Pwned: Privacy

Post a Comment

Previous Post Next Post