5 dampak negatif dari penggunaan sosmed



Sebagai anak masa kini pastinya gak mau ketinggalan jaman bukan? salah satu yang membuat masa kini lebih hits adalah karena pengaruh media sosial. Seperti yang kalian ketahui bahwa media sosial menjadi salah satu layanan yang paling sering dibuka oleh masyarakat masa kini.

 Kalian harus pintar-pintar nih menggunakan media sosial,karena apa? Karena menggunakan media sosial terlalu berlebihan itu tidak baik. Jika memang punya pekerjaan yang berhubungan dengan media sosial,Ingat waktu dan jangan berlebihan menggunakannya. Media sosial memang mempunyai dampak positif untuk kehidupan kita,diantaranya adalah sebagai sarana sosialisasi, komunikasi, promosi dan lain sebagainya.


Baca juga : Mengapa PHP5 Lebih baik dari PHP7

 Selain mempunyai dampak positif,media sosial juga mempunyai dampak negatif bagi para penggunanya.Salah satu dampak yang ditimbulkan jika menggunakan media sosial berlebihan adalah gangguan kejiwaan. Gangguan kejiwaan bisa saja terjadi kalau terlalu mementingkan media sosial atau dunia maya ketimbang dunia nyata.

 Saya kasih contoh misalnya kalian adalah seorang yang gila media sosial dan meng-upload sebuah foto yang menurut pribadi kalian itu adalah foto terbaik yang dimiliki. Jika setelah di upload dan tidak ada yang nge-like atau memberikan komentar terkait foto tersebut apa yang akan terjadi?

Baca juga : 
Cara Jualan di Instagram Agar Banjir Orderan

 Salah satu kemungkinan pertama ialah, merasa prustasi karena tidak mendapatkan apresiasi dari orang-orang yang akhirnya membuat depresi. Selain menjadi depresi,ada beberapa dampak negatif lainnya dari penggunaan media sosial Seperti yang dilansir oleh Kincir.com berikut ini.

1.Social Media Anxiety Disorder


 Akibat aktivitas yang berlebihan menggunakan media sosial, bisa saja mengalami kecanduan.Suatu saat, akan merasa risih jika tidak mengecek media sosial setiap saat.Meskipun tidak ada pemberitahuan apapun pasti akan membukanya karena merasa tidak tenang.

 Wah perlu hati-hati nih, sebab gejala yang satu ini bisa kapanpun dan dimanapun untuk selalu ingin update di media sosial.

2.Body Dysmorphic Disorder


 Karena sering melihat foto orang lain yang punya badan yang macho dan berotot mungkin akan berfikir jika bada seperti itulah yang ideal. Pada akhirnya, akan pesimis dan tidak bersukur dengan badan sendiri.

3.Obesessive Compulsive Disorder


Penderita gangguan ini akan terlalu perfeksionis,dimana mereka tidak nyaman apabila melihat hal berantakan atau kotor. Tanpa kita sadari dengan penggunaan media sosial yang berlebihan dapat memicu timbulnya gangguan ini.

 Bagi yang suka upload foto di media sosial pastinya akan mengedit foto-foto yang akan di upload dari tata letak,diedit berkali-kali hingga benar-benar jernih. Nggak heran mereka rela menunggu berjam-jam hingga foto yang akan mereka upload benar-benar bagus dan sempurna.

4. Narcissistic Personality Disorder


Salah satu penderita gangguan ini adalah mereka suka swafoto.tidak heran mereka memakai caption yang memuji diri mereka sendiri. Memang benar narsis bukan hanya sebatas itu saja.Tapi,para pengguna media sosial akan jadi narsis beneran.

Baca juga : WannaCry Virus Komputer Yang Paling Mematikan tahun 2019



 Dari narsis ini lah timbulnya gangguan kejiwaan yang membuat para pengguna media sosial mengagumi dirinya sendiri. Akibat dari narsis ini juga mungkin akan kehilangan rasa empati,dimana akan egois dan tidak mau mendengarkan pendapat dan saran dari orang lain.


5. Compulsive Shoping


 Gangguan ini bisa disebut pemborosan.mengapa? Karena gangguan ini akan membuat para penderitanya untuk memaksakan demi sesuatu yang belum tentu bermanfaat bagi dirinya.

 Misalnya ada orang upload sebuah foto dimana kalian menggunakan baju yang hits dan trending masa kini.Terus,foto tersebut banyak yang like dan komen.

 Karena melihat foto tersebut banyak disukai, maka akan terbawa arus untuk mengikuti tren tapi tidak sesuai dengan isi dompet. Ujung-ujungnya bisa membuat ngutang, mencuri dan lain sebagainya. Ujung-ujungnya juga akan melakukan pemborosan karena harus membeli baju tren yang mahal-mahal diluar batas kemampuan.

 Oleh karena itu,membatasi penggunaan media sosial adalah hal yang wajib di lakukan jika ingin hidupmu lebih nyaman dan lebih baik.Gunakan waktumu untuk hal-hal yang berguna,jangan buang cuma-cuma.


Penulis: Uje hendrawan


Post a Comment

Previous Post Next Post