Mengapa Wikipedia Tidak Memasang Iklan - Om Heker

Tuesday, October 15, 2019

Mengapa Wikipedia Tidak Memasang Iklan

Baca Juga

Halo sobat omheker, kali ini om heker akan menjelaskan Mengapa Wikipedia Tidak Memasang Iklan pada websitenya, yuk kita simak baik penjelasan dibawah ini.
Wikipedia bukanlah website petarung atau medan pertempuran, atau situs untuk propaganda, iklan, dan pertunjukan. Itulah mengapa, Wikipedia tidak cocok untuk tempat iklan karena dapat terjadi umpan balik informasi dengan para pengiklan.
Ini berlaku untuk nama pengguna, artikel, ruang konsep, kategori, file, diskusi halaman pembicaraan, template, dan halaman pengguna. Karenanya, konten yang dihosting di Wikipedia bukan untuk:
Advokasi, propaganda, atau rekrutmen dalam bentuk apa pun: komersial, politik, ilmiah, agama, nasional, terkait olahraga, atau yang lainnya. Sebuah artikel dapat melaporkan secara objektif tentang hal-hal seperti itu, selama ada upaya untuk menggambarkan topik dari sudut pandang netral. Anda mungkin ingin memulai blog atau mengunjungi forum jika Anda ingin meyakinkan orang lain tentang manfaat pendapat Anda.
Potongan opini. Meskipun beberapa topik, terutama yang berkaitan dengan urusan dan politik saat ini, dapat membangkitkan gairah dan menggoda orang untuk "beropini", Wikipedia bukanlah media untuk ini. Artikel harus seimbang untuk memasukkan entri, terutama untuk acara saat ini, dalam perspektif yang masuk akal, dan mewakili sudut pandang netral. Selanjutnya, penulis Wikipedia harus berusaha keras untuk menulis artikel yang tidak cepat menjadi usang. Namun, proyek saudara Wikipedia, Wikinews, memungkinkan komentar atas artikel-artikelnya.
Penjual Skandal, mempromosikan hal-hal "terdengar melalui selentingan" atau bergosip.
Artikel dan konten tentang orang yang hidup diharuskan untuk memenuhi standar yang sangat tinggi, karena mereka mungkin mencemarkan nama baik atau melanggar hak privasi subjek. Artikel tidak boleh ditulis murni untuk menyerang reputasi orang lain.
Promosi diri.
Mungkin Anda tergoda untuk menulis tentang diri Anda atau proyek di mana Anda memiliki keterlibatan pribadi yang kuat. Namun, ingatlah bahwa standar untuk artikel ensiklopedis berlaku untuk halaman seperti itu sama seperti yang lain. Ini termasuk persyaratan untuk mempertahankan sudut pandang netral, yang bisa sulit ketika menulis tentang diri Anda atau tentang proyek yang dekat dengan Anda. Membuat tautan dan referensi yang terlalu banyak ke sumber-sumber otobiografi tidak dapat diterima. Lihat Wikipedia: AutobiografiWikipedia: Notability dan Wikipedia: Konflik kepentingan.
Periklanan, pemasaran atau hubungan masyarakat.
Informasi tentang perusahaan dan produk harus ditulis dalam gaya yang objektif dan tidak memihak, bebas dari kepalsuan. Semua topik artikel harus dapat diverifikasi dengan sumber pihak ketiga yang independen, sehingga artikel tentang band garasi yang sangat kecil atau perusahaan lokal biasanya tidak dapat diterima. Artikel Wikipedia tentang perusahaan atau organisasi bukanlah perpanjangan dari situs web mereka atau upaya pemasaran media sosial lainnya. Tautan eksternal ke organisasi komersial dapat diterima jika mereka mengidentifikasi organisasi terkenal yang menjadi topik artikel.
Wikipedia tidak mendukung organisasi atau menjalankan program afiliasi. Lihat juga Wikipedia: Notability (organisasi dan perusahaan) untuk panduan tentang notabilitas perusahaan. Mereka yang mempromosikan penyebab atau peristiwa, atau mengeluarkan pengumuman layanan publik, bahkan jika nonkomersial, harus menggunakan forum selain Wikipedia untuk melakukannya. Kontributor harus mengungkapkan pembayaran apa pun yang mereka terima untuk mengedit Wikipedia. Lihat juga Wikipedia: Konflik kepentingan.
Comments


EmoticonEmoticon