Apa itu node.js ? - Om Heker

Friday, September 27, 2019

Apa itu node.js ?

Baca Juga


Helo sobat omheker, kali ini omheker akan menjelaskan sedikit tentang Apa itu node.js

node.js adalah sebuah platform yang dibuat di atas JavaScript Runtime-nya Chrome“. Dengan kata lain, kodingan yang kamu tulis untuk server akan dieksekusi dengan cara yang mirip dengan ketika di browser.

Sehingga kalian dengan mudah membawa teknik-teknik JavaScript yang telah kalian pelajari ke node.js. node.js itu sangat cepat, event-driven, dan ringan tetapi manfaat paling besar dari menggunakan node.js ini adalah pemrograman asynchronous.

Mari kita pahami terlebih dahulu tentang perbedaan dari pemrograman asynchronous dengan synchronous dalam penjelasan yang sederhana yang akan memberikan kita pemahaman tentang bagaimana node.js bekerja di balik layar dan alasan dibalik popularitasnya.

Berikut beberapa aplikasi Perusahaan Besar yang dibuat dengan Node.js yang terkenal untuk skala dan performa yang tak masuk akal.
Walmart berganti menggunakan Node.js saat Black Friday, dan mendapatkan 200 Juta pengunjung tiap hari dan tidak pernah dibawah 1% CPU.
LinkedIn menulis ulang mobile backend di Node.js dan memproses 20 kali performa lebih cepat dari 1/10 server.
Groupon meningkatkan kecepatan menunggu halaman 50% dengan mengganti dari yang semula Ruby on rails ke Node.js. Mereka juga melaporkan untuk meluncurkan fitur baru lebih cepat dari sebelumnya.
Paypal membuat eksperimeen dengan dua tim membuat perangkat lunak identical - satu di Java dan satu di Node.js Node Js team dapat membuat dalam setengah waktu. Node.js app memiliki respon time 50% lebih cepat dari Java app
Kamu sendiri dapat membaca mengenai performa yang luar biasa(dan produktifiti pengembang )disini
Anehdot tersebut hanya sedikit dari permukaan. Banyak perusahaan perusahaan Besar -seperti Netflix dan Uber- yang sekarang dibuat menggunakan Node.js
Node.js yang berbasis Javascript sangat cepat dan bahkan ringan saat menjalankannya, berbeda dengan PHP yang agak lambat.
Bahkan sampai sekarang saya terus menggunakan berbagai framework Node.js seperti http://fastifiy.io . Saya juga pernah mencoba KOA, dan untuk Web Devnya saya menggunakan Adonis JS. Adonis keren banget, mirip Laravelnya PHP! Meskipun belum se-sempurna Laravel tapi udah keren banget lah.
Comments