Mengapa teknologi 5G ditakutkan oleh Amerika Serikat? - Om Heker

Saturday, August 31, 2019

Mengapa teknologi 5G ditakutkan oleh Amerika Serikat?

Baca Juga


Halo guys kali ini omheker penasaran Mengapa teknologi 5G ditakutkan oleh Amerika Serikat? Bayangkan saja semua (atau hampir semua) benda di dunia ini —mulai dari mobil yang bisa menyetir sendiri sampai peralatan rumah tangga —bisa terhubung melalui udara.
Itulah salah satu efek yang bisa dibawa oleh 5G dengan bandwidth-nya yang bisa mencapai 20 Gb/detik, di mana kita bisa mengunduh film HD dalam hitungan detik dan bahkan menggunakan augmented reality di ponsel pintar kita.
Semua itu bisa terjadi karena 5G beroperasi menggunakan dua cakupan frekuensi yang berbeda. Di satu mode 5G akan menggunakan frekuensi yang sama seperti 4G dan jaringan WiFi saat ini, dengan skema pengkodean yang lebih efisien dan ukuran channel yang lebih besar yang akan menambah kecepatan hingga 25–50%; sementara di mode lainnya 5G menggunakan gelombang milimeter yang jauh lebih tinggi, yang bisa mengirimkan data dengan kecepatan yang lebih tinggi lagi, meski cakupannya akan lebih rendah.
Lalu kenapa teknologi 5G ditakuti oleh Amerika Serikat?

Data adalah kekuatan di dunia yang saling terhubung seperti saat ini. Siapa yang bisa mendominasi teknologi 5G lebih dulu akan lebih berpotensi menguasai perangkat yang terkoneksi ke teknologi tersebut. Siapa yang mendominasi teknologi 5G akan jadi pemilik generasi infrastruktur telekomunikasi selanjutnya.
Dan siapa yang saat ini memimpin soal pengembangan teknologi 5G dibandingkan Amerika?
Huawei —perusahaan asal Tiongkok.
Jadi, menurut saya, yang ditakutkan oleh Amerika bukanlah teknologi 5G itu sendiri, tapi kemungkinan kenaikan kekuatan ekonomi dan militer Tiongkok yang disebabkan oleh kemajuan mereka dalam teknologi 5G.
Kalo menurut agan agan gimana?
Comments


EmoticonEmoticon