Cara Pakai Termux Untuk Pemula Lengkap dengan Penjelasannya - Om Heker

Thursday, July 11, 2019

Cara Pakai Termux Untuk Pemula Lengkap dengan Penjelasannya

Baca Juga



Hello Guys jumpa lagi bersama om heker, pada kesempatan ini saya akan membagikan cara menggunakan Termux untuk Pemula, di Tutorial kali ini akan dijelaskan dari mulai cara menggunakan termux hingga penjelasan dari fungsi Termux secara lengkap

Jika kalian suka yang dengan dunia hacking pasti kalian akan membutuhkan aplikasi bernama termux ini. sudah banyak manfaat dari termux, salah satunya adalah bisa digunakan untuk hack Wifi, dan hack facebook. Mungkin kamu pernah membaca atau melihat seseorang hack Facebook menggunakan termux. 

Baiklah, om heker akan mengajarkan tutorial cara memakai termux untuk pemula. Mulai dari memasukkan perintah/command, proses instal dan menjalankan kode script termux. Serta fungsi fungsi dari termux itu sendiri. Bagaimana tertarik? kuy kita simak baik baik

Apa itu termux ?
Termux adalah aplikasi emulator pada terminal Android dan aplikasi yang bekerja langsung tanpa rooting atau proses setting. Sistem basis nya akan diinstal otomatis, untuk paket tambahan juga tersedia di manajer paket APT. – dari sumber halaman http://termux.com

Menurut pendapat om heker, termux merupaka tool buat menjalankan script atau perintah dari linux, misalnya kita ingin menjebol Facebook kita harus menggunakan Script yang kita dapat di internet atau manajer paket lalu kita eksekusi Script tersebut di termux. 

Sebelum ke tutorial selanjutnya baiknya kitainstall terlebih dulu aplikasi termux dan termux API agar bisa dipraktekkan langsung.

1. Termux (download disini)
2. Termux API (download disini)

Untuk menginstal aplikasi Termux kita tidak membutuhkan akses root. Jadi langsung bisa kita install di smartphone. dan Termux api sebagai pelengkap saja, saat menginstal diharapkan tidak ada yang error.


Pengenalan cara menggunakan termux

Setelah selesai anda download dan install termux, kemudian buka aplikasi termux. Dan tampilannya akan seperti gambar dibawah:

Tampilan awal termux

Seperti gambar diatas ada tertulis ” welcome to termux “. kemudian ada link forum termux dan email untuk berlangganan. dibawahnya anda lihat ada tulisan search package, install a package, itu  sebagai bantuan saja. Anggap saja seperti kata sambutan dari termux. 

Kemudian coba abda memasukkan perintah sederhana.misalnya ketik  ” apt update ” (tanpa tanda petik). Lalu enter pada keyboard. Maka aplikasi termux berjalan seperti memproses sesuatu.

Dalam aplikasi termux kita tidak boleh melakukan kesalahan mengetik kode. Apabila salah kode maka perintah tidak akan berjalan. Lalu muncul command yang direkomendasikan oleh termux.

misalnya jika mengetik apt update. Tapi kita malah kita tulis api update. Maka dilayar termux akan tampil " command api not found ". Lalu muncul prtintah  yang disarankan oleh termux.


berikut adalah  gambar contoh kesalahan dalam penulisan perintah/commmand:


Tampilan kesalahan input
sampai disini sudah mengerti guys? kuy kita lanjutkan lagi


4 Hal yang harus diketahui dalam penggunaan termux


1. Perintah dasar termux


yang pertama kali kamu ketahui adalah perintah dasar termux. Perintah dasar termux  Ada sekitar 15 perintah / command yang wajib kamu ingat. dan untuk mengingatnya kalian bisa membacanya di “perintah dasar termux“. 

Cara mengetik perintah atau Command ke termux bisa menggunakan ketik manual atau copy paste saja. Saya sarankan untuk copy paste saja. Agar mengurangi terjadi error atau kesalahan dalam pengetikan.

Caranya copy paste yaitu dengan cara memblok (tekan dan tahan) Command yang ingin di copy, lalu klik copy atau ctrl + c. Dan untuk pastenya tekan ctrl + v atau tahan lama layar android lalu pilih paste.

2. Package

Package adalah pelengkap untuk menjalankan termux. package bisa kita install Menggunakan Command pkg. pkg adalah perintah termux yang sering kita gunakan. Karena setiap Script akan berjalan di tiap package nya masing-masing.

Ada bermacam macamjenis package yang dapat kita install. Misalnya python, python2, git, PHP, clang, nano, figlet, toilet dan lainya. pada setiap Script sudah diberitahu harus menginstal package apa. Tapi jika kamu ingin tahu apa apa saja package yang biasa diinstal. Silahkan anda baca package termux yang wajib di-instal.

3. Tool

Tool dalam aplikasi termux sebagai framework. Hampir sama  dengan package  sebagai pelengkap untuk menjalankan aplikasi termux. contohnya kita ingin menjalankan wifiphiser untuk hack wifi. Jadi kita harus menginstal tool Ubuntu di termux kita. Contoh tool pada termux yang paling sering digunakan adalah Metasploit dan Ubuntu.

4. Script

Script termux adalah hal yang paling utama didalam menggunakan aplikasi termux. Karena Script Termux inilah yang paling utama pada saat kita menjalankan termux. Contohnya jika kita ingin melakukan spam WhatsApp ke seorang target. Maka yang kita lakukan adalah menggunakan Script spam whatsapp.

Script termux bisa kita dapatkan di forum github. Dan untuk menginstal Script tersebut kita hanya perlu lakukan cloning dengan menggunakan perintah git clone diikuti alamat Script tersebut berada. Biasanya dalam Script termux sudah ada caranya. Jadi kita hanya perlu mengikuti nya dengan baik.

Kumpulan script termux untuk belajar

Omheker memberikan rekomendasi web yang membahas beberapa script termux yang mungkin bisa kamu gunakan untuk belajar  termux. Berikut kumpulan script termux:
Kumpulan Script dasar:
Browsing
Chatting ala hacker
SMS gratis
Cmatrix
Mempercepat koneksi Internet
Mempercantik tampilan termux
Nonton film star war
Melihat informasi gempa terkini
Main game buggy
Lacak lokasi IP

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya untuk menguasai termux, kamu hanya perlu mengetahui perintah atau command termux, bisa instal package dan Script dan yang terakhir adalah menjalankan script tersebut. Hanya sebatas itu? Ya sebatas itu saja. 
Dan untuk mencari kegunaan termux yang lainnya anda bisa mencari Script atau tool dari github. Semoga bermanfaat.
Comments


EmoticonEmoticon