Cara menggunakan web framework codeigniter untuk pemula - Om Heker

Friday, July 12, 2019

Cara menggunakan web framework codeigniter untuk pemula

Baca Juga




Halo jumpa lagi bersama om Heker, kali ini om heker akan membahas tentang Framework Codeigniter, atau biasa disebut juga oleh pengembang web adalah codeigniter web framework, berikut ini akan di jelaskan tentang belajar framework codeigniter untuk pemula

Mengenal Apa itu Framework?


Framework bisa disebut sebagai “alur kerja” yang memiliki kumpulan dari fungs prosedur dan class yang bertujuan untuk mempermudah dan mempercepat pekerjaan seorang programer, tanpa harus lagi membuat fungsi atau class dari awal.

Mengenal Apa Itu Framework CodeIgniter?


Framework CodeIgniter merupakan aplikasi open source yang berbentuk kerangka kerja berbasis PHP dengan model MVC (Model, View, Controller) untuk membangun website yang dinamis menggunakan PHP. 

CodeIgniter sangat mudah digunakan oleh para pengembang web untuk membangun web berbasis php dengan framework codeigniter  CodeIgniter dirilis pertama kali pada 28 Februari 2006. Versi terakhir adalah framework codeigniter 3 versi 3.0.6[3]. 


Perbandingan antara PHP Biasa dengan CodeIgniter

Alur Kerja Framework CodeIgniter
Mengenal Apa Itu Framework CodeIgniter

  • Index.php: Index.php disini memiliki fungsi sebagai file pertama dalam program yang akan diread pertama kali oleh program.
  • The Router: Router akan mengecek HTTP request untuk menentukan hal apa yang harus dikerjakan oleh program.
  • Cache File: jika dalam program sudah terdapat “cache file” maka file tersebut akan langsung diteruskan ke browser. File cache ini yang dapat membuat website dapat di buka dengan sangat cepat. Cache file dapat melalui proses yang harus dilakukan oleh program codeigniter.
  • Security: Sebelum file controller di panggil keseluruhan, HTTP request dan data yang dikirim oleh user akan difilter dulu melalui fasilitas security yang dipunyai oleh codeigniter.
  • Controller: Controller berfungsi membuka file model, core libraries, helper dan semua sumber resource yang dibutuhkan dalam program tersebut.
  • View: langkah terakhir yang akan dilakukan adalah membaca kembali semua program yang ada dalam view file dan mengirimkannya ke browser agar dapat dilihat. dan jika file view sudah ada yang di “cache” maka file view baru yang belum ter-cache akan mengupdate file view yang sudah tersedia

 Contoh File untuk Model, View dan Controller

  1. Model / buku_model.php
    Mengenal Apa Itu Framework CodeIgniter
  2. View / buku_view.php
    Mengenal Apa Itu Framework CodeIgniter
  3. Controller / buku.php
    Mengenal Apa Itu Framework CodeIgniter

Cara Menggunakan CodeIgniter

Untuk memulai menggunakan codeigniter ini sangatlah gampang.kamu bisa langsung download di web resminya di www.codeigniter.com. setelah download anda lalu mengekstrak isi folder codeigniter pada project anda di localhost. 

Gambar dibawah ini adalah contoh saya menggunakan codeigniter, saya mengekstrak nya di folder malasngoding di localhost. lalu kemudian tinggal menjalankannya pada browser dengan alamat http://localhost/malasngoding
pengertian dan cara menggunakan codeigniter
pengertian dan cara menggunakan codeigniter
maka akan muncul tampilan seperti gambar di atas yang menunjukkan bahwa codeigniter telah berhasil di install dan siap untuk di gunakan. gambar di atas adalah halaman default dasar dari codeigniter saat pertama kali di install.

Kalian perlu tahu Codeigniter juga menyediakan panduan cara menggunakan codeigniter pada folder codeigniter yang sudah anda download tadi, pada folder user_guide.


dan  untuk mempelajari tutorial codeigniter langsung saja menjalankannya pada browser dengan alamat http://localhost/malasngoding/user_guide/.

Itulah beberapa paparan singkat omheker untuk menjadi master php dengan framework codeigniter, anda bisa juga untuk download tutorial framework codeigniter versi pdf dibawah ini


Comments


EmoticonEmoticon